Tekan Angka Stunting, Danone Indonesia Luncurkan Program Isi Piringku di Banyuwangi

Tekan Angka Stunting, Danone Indonesia Luncurkan Program Isi Piringku di Banyuwangi
Danone Indonesia berkolaborasi dengan SPEKTRA melakukan kegiatan pendampingan ke masyarakat dan membagikan media edukasi maupun praktik Isi Piringku. Foto: Dok Danone Indonesia

jpnn.com, BANYUWANGI - Permasalahan stunting menjadi salah satu isu yang masuk dalam agenda prioritas Pemerintah Kabupaten Banyuwangi saat ini.

Penyebabnya, menurut data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022, Kabupaten Banyuwangi memiliki angka stunting 18.8 persen. Angka ini masih di bawah target RPJMN 2022-2024, yaitu 14 persen.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi Amir Hidayat mengatakan permasalahan stunting diakibatkan praktik pengasuhan yang kurang baik, kurangnya akses pangan bergizi, juga terbatasnya layanan kesehatan, air bersih juga sanitasi.

Amir Hidayat pun mengapresiasi Danone Indonesia yang memberikan dukungan dalam upaya penanganan stunting di Kabupaten Banyuwangi.

Salah satu bentuk dukungan tersebut dengan mengadakan peluncuran program Isi Piringku dengan menggandeng komunitas ibu dan PKK sebagai garda terdepan pencegahan stunting yang dilaksanakan pada 24 Agustus 2023.

Dalam sambutannya, Amir menyampaikan permasalahan stunting tidak hanya menjadi prioritas nasional, tetapi juga menjadi prioritas pemerintah Kabupaten Banyuwangi, dengan terus berupaya menekan angka kasus stunting.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Danone Indonesia, dukungan ini akan melengkapi upaya pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam menurunkan angka stunting Kabupaten Banyuwangi sehingga dapat mencapai target nasional, yaitu 14 persen,” ujarnya.

Health & Nutrition Senior Manager Danone Indonesia Rizki Pohan menjelaskan bahwa Danone Indonesia, memiliki misi membawa kesehatan ke sebanyak mungkin orang. Misi ini dijalankan lewat Danone Impact Journey, dengan salah satu pilarnya berfokus pada kesehatan.

“Bentuk nyata dukungan Danone Indonesia terhadap kesehatan dituangkan lewat program Isi Piringku yang akan diselenggarakan di Banyuwangi selama 4 bulan ke depan. Akan dilakukan pengukuran, bagaimana dampak yang diterima sebelum dan setelah program ini berjalan. Dalam kegiatan peluncuran ini, diadakan pula pelatihan yang membahas tentang tumbuh kembang dan pola asuh anak dalam pencegahan stunting.”

Permasalahan stunting menjadi salah satu isu yang masuk dalam agenda prioritas Pemerintah Kabupaten Banyuwangi saat ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News