Teknologi Aquaporin Mampu Murnikan Air dari Bakteri dan Zat Berbahaya

Teknologi Aquaporin Mampu Murnikan Air dari Bakteri dan Zat Berbahaya
Teknologi Aquaporin Mampu Murnikan Air dari Bakteri dan Zat Berbahaya. Foto: Romaida/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Mengonsumsi air mineral yang dikemas dalam galon ataupun botol kini sudah menjadi gaya hidup sehari-hari.

Namun, masyarakat perlu tahu bahwa pemakaian galon yang berulang ternyata berpotensi melepaskan molekul BPA yang sangat berbahaya yang dapat memicu kanker.

Dokter umum sekaligus kreator konten, Dokter Mario Johan mengatakan BPOM menemukan ada 6 daerah terpapar BPA melebihi ambang batas pada 2022.

Oleh karena itu, BPOM akhirnya mengeluarkan aturan bahwa galon PC harus mencantumkan label berpotensi mengandung BPA.

"Jadi, hati-hati dalam mengonsumsi air dari galon," kata Dokter Mario saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Beberapa tahun silam, peneliti Peter Agre memenangkan Hadiah Nobel Kimia karena menemukan Aquaporin.

Protein Aquaporin terdapat pada semua makhluk hidup, yang bertugas mengangkut air lantas memurnikannya di dalam sel, di mana bakteri dan kontaminan berbahaya lainnya disaring.

Setelah lebih dari satu dekade, penelitian terbaru berhasil mengembangkan teknologi penggabungan protein Aquaporin ke dalam membran Reverse Osmosis (RO).

Pengembangan geknologi Aquaporin yang pertama kali ditemukan oleh Peter Agre mampu memurnikan air dari bakteri dan zat berbahaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News