Teknologi Digital Mampu Dongkrak Pariwisata Lokal Jadi Mendunia

Teknologi Digital Mampu Dongkrak Pariwisata Lokal Jadi Mendunia
Kegiatan literasi digital yang digelar Kementerian Kominfo di Tanjungpinang, Riau. Foto dok. Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Perkembangan teknologi informasi yang demikian pesat jika dioptimalkan ke arah positif akan mampu mendongkrak sektor ekonomi dan pariwisata daerah.

Hal ini mengemuka dalam kegiatan literasi digital yang digelar Kementerian Kominfo di Tanjungpinang, Riau,  belum lama ini. 

"Terlebih lagi core bisnis yang berkembang di Tanjungpinang adalah pariwisata, maka sektor tersebut dapat dipacu dengan memanfaatkan aspek digital agar meningkatkan pendapatan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang Zulhidayat dalam keterangan resminya,  Rabu (25/10). 

Dijelaskannya daerah wisata yang cukup tersohor di Tanjungpinang yaitu Pulau Penyengat. Apabila digitalisasi dapat dioptimalkan di sektor tersebut, tentunya akan berdampak baik untuk menunjang perekonomian masyarakat.

"Digitalisasi akan mendorong wisata unggulan Pulau Penyengat menjadi pusat wisata dunia, " lanjutnya.

Kegiatan Gali Ilmu Literasi Digital ini merupakan hasil kolaborasi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo) bersama Pemerintah Kota Tanjungpinang, Diskominfo Tanjungpinang, serta komunitas millenial di Kota Tanjungpinang.

Sementara itu, Local Champion Literasi Digital Kepulauan Riau, Selly Febrilia Mayora menyampaikan  bahwa kecakapan digital yang bisa diarahkan ke hal positif. Terlebih lagi, teknologi dapat berpengaruh terhadap kehidupan, maka manusia dituntut untuk adaptif.

“Digital skill menjadi penting karena bisa untuk branding, bahkan menjadi sebuah lapangan pekerjaan seperti atlet e-sport,” kata Selly.

Perkembangan teknologi informasi yang demikian pesat jika dioptimalkan ke arah positif akan mampu mendongkrak sektor ekonomi dan pariwisata daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News