Teknologi Flash Optical Laser Bantu Atasi Wasir Sampai Tuntas

Teknologi Flash Optical Laser Bantu Atasi Wasir Sampai Tuntas
Ilustrasi wasir atau ambeien. Foto: Hellosehat

jpnn.com, JAKARTA - Wasir atau ambeien adalah istilah populer dari penyakit hemoroid, yaitu membengkaknya pembuluh darah vena di sekitar anus.

Masalah tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga mengakibatkan penurunan kualitas hidup penderitanya.

Gejala utama dari wasir adalah perdarahan, nyeri, bengkak, dan gatal pada anus, serta adanya feses yang berlendir.

Jenis wasir terbagi menjadi dua berdasarkan lokasinya, yaitu wasir internal, pembuluh darah yang membengkak tidak terlihat dari luar. Lalu, wasir eksternal, pembengkakan pembuluh darah tampak dari luar dan terasa lebih nyeri.

Berdasarkan derajat atau tingkat keparahannya, wasir dibagi menjadi 4, yaitu derajat 1, benjolan wasir terletak di dalam anus dan tidak bisa dilihat dari luar.

Derajat 2, benjolan sudah mulai keluar dari anus ketika sedang BAB, namun masih bisa masuk kembali dengan sendirinya.

Kemudian, wasir dengan derajat 3 biasanya benjolan yang muncul tidak lagi bisa masuk sendiri, harus dibantu dengan dorongan jari. Terakhir, pada derajat 4, benjolannya sudah tidak bisa masuk lagi ke dalam anus.

Direktur Bisnis dan Operasional Vena Wasir Center Abdurrahman mengatakan wasir dapat dipicu oleh kebiasaan mengejan terlalu keras saat buang air besar atau duduk terlalu lama.

Flash Optical Laser (FOL), tindakan bedah yang tidak melibatkan pemotongan jaringan hemoroid, untuk mengatasi wasir sampai tuntas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News