Telat Tetapkan APBD, 19 Daerah Kena Sanksi

Telat Tetapkan APBD, 19 Daerah Kena Sanksi
Telat Tetapkan APBD, 19 Daerah Kena Sanksi
JAKARTA — Ini peringatan bagi seluruh pemerintah daerah untuk lebih disiplin menyusun APBD di tahun-tahun depan. Pasalnya, dalam transfer anggaran pusat ke daerah tahun 2011, Kementrian Keuangan (Kemenkeu) telah memberikan sanksi kepada 19 pemerintah daerah (pemda) yang terlambat menyampaikan APBD ke pusat.

Batas waktu yang disepakati antara Kemenkeu dan Kemendagri, paling lambat 24 Maret 2011. Namun, masih ada saja yang terlambat memasukkannya. “Aturannya Perda APBD paling lambat diserahkan ke pusat 31 Desember,” kata Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Marwanto yang ditemui di kantornya, Jumat (1/4).

Menurutnya, sebulan atau paling lambat dua bulan setelah itu masih diberikan kesempatan untuk menyerahkan. Setelah itu bagi yang belum memenuhinya akan diberikan sanksi. “Jadi 25 persen dari DAU bulanan ditunda,” tambahnya.

Ia mengatakan, bila daerah sudah menyelesaikan Perda Penetapan APBD baru seluruh dana DAU yang ditunda akan dicairkan. “Disetorkan lagi bersama dengan DAU bulan berikutnya,” ujarnya.

JAKARTA — Ini peringatan bagi seluruh pemerintah daerah untuk lebih disiplin menyusun APBD di tahun-tahun depan. Pasalnya, dalam transfer anggaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News