Telepon Donald Trump, Raja Salman Jawab Ajakan Bersekutu dengan Israel

Telepon Donald Trump, Raja Salman Jawab Ajakan Bersekutu dengan Israel
Raja Salman. Foto: SPA

jpnn.com, RIYADH - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis menelepon Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk membahas nasib Palestina dan hubungan dengan Israel, Minggu (6/9).

Kedua pemimpin berbicara melalui telepon menyusul perjanjian bersejarah yang ditengahi AS bulan lalu di mana Uni Emirat Arab setuju untuk menjadi negara Arab ketiga yang menormalkan hubungan dengan Israel.

Raja Salman mengatakan kepada Trump bahwa dia menghargai upaya AS untuk menciptakan perdamaian di Timur Tengah. Namun, lanjut dia, Arab Saudi ingin melihat solusi yang adil dan permanen untuk masalah Palestina berdasarkan Prakarsa Perdamaian Arab yang telah disepakati pada 2002 silam.

Berdasarkan proposal tersebut, negara-negara Arab menawarkan normalisasi hubungan dengan Israel, asalkan negara Zionis itu bisa memenuhi dua syarat.

Kedua syarat tersebut adalah, kesepakatan soal status kenegaraan Palestina dan penarikan penuh Israel dari wilayah yang direbut dalam perang 1967.

Arab Saudi, tempat kelahiran Islam dan situs tempat suci paling suci, tidak mengakui Israel. Namun, bulan ini kerajaan mengatakan akan mengizinkan penerbangan antara UEA dan Israel, termasuk oleh pesawat Israel, untuk menggunakan wilayah udaranya.

Penasihat Gedung Putih dan menantu Trump Jared Kushner mengatakan dia berharap negara Arab lain menormalkan hubungan dalam beberapa bulan.

Tidak ada negara Arab lain yang mengatakan sejauh ini mempertimbangkan untuk mengikuti langkah UEA.

Donald Trump berharap Arab Saudi segera bersekutu dengan Israel, Ini jawaban Raja Salman

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News