Telepon Raja Salman, Presiden Xi Jinping Sampaikan Pesan soal Vaksin COVID-19

Telepon Raja Salman, Presiden Xi Jinping Sampaikan Pesan soal Vaksin COVID-19
Presiden Tiongkok Xi Jinping (kiri) berjabat tangan dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz dalam satu pertemuan. Foto: ANTARA/HO-FMPRC/mii

jpnn.com, BEIJING - Presiden Tiongkok Xi Jinping berharap Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz dapat mendorong negara-negara anggota G-20 memproduksi vaksin COVID-19 dengan harga yang bisa dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat di dunia.

Xi menyampaikan harapan dan keinginan itu ketika ia melakukan percakapan telepon dengan Raja Salman pada Rabu (9/9).

Selama masa pandemi, kedua negara tersebut telah saling memberikan bantuan dan dukungan. Karena itu, Xi siap bekerja sama dengan Saudi dalam penelitian dan pengembangan vaksin COVID-19.

Tiongkok juga siap bekerja sama dengan anggota G-20, termasuk Saudi yang kini mengemban tugas sebagai ketua, untuk meningkatkan bantuan kepada negara-negara berkembang, membangun ekonomi dunia secara terbuka, menjaga stabilitas industri global dan rantai pasokan, memfasilitasi keluar-masuk antarwarga kedua negara, memandu kerja sama ekonomi digital yang terbuka, adil, dan tidak diskriminatif, bunyi pernyataan tersebut.

Sementara itu, Raja Salman pada kesempatan itu mengatakan bahwa hubungan bilateral dengan Tiongkok mengalami perkembangan yang pesat.

Menurut dia, pemerintahannya sangat perhatian terhadap kemitraan strategis komprehensif dengan Tiongkok dan berharap dapat memperkuat kerja sama bilateral dalam memerangi pandemi, terutama dalam bidang litbang vaksin.

Raja Salman menyampaikan terima kasih atas dukungan dan bantuan Tiongkok dalam mengemban tugas sebagai Presiden G-20.

Oleh sebab itu, dia berjanji akan menjaga komunikasi dan koordinasi yang erat dengan Tiongkok untuk mempromosikan solidaritas dan kerja sama di antara anggota G-20 dalam menghadapi pandemi agar pertumbuhan dan stabilitas ekonomi di dunia segera pulih.

Presiden Tiongkok Xi Jinping berharap Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz melakukan sesuatu terkait vaksin COVID-19

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News