Teleskop di Wahana Pemburu Super Bumi Alami Malfungsi

Teleskop di Wahana Pemburu Super Bumi Alami Malfungsi
Wahana antariksa milik NASA, Kepler yang mengorbit 40 juta mil dari Bumi. Foto: NASA
PASADENA - Wahana penjelajah luar angkasa milik NASA, Kepler, mengalami masalah teknis cukup serius sehingga membahayakan keberlanjutan misi pencarian planet yang layak huni atau Super Bumi. Sepanjang sejarah, Kepler tercatat sebagai pesawat ruang angkasa yang telah melakukan penjelajahan di luar angkasa paling lama.

Menurut NASA, masalah yang dihadapi Kepler adalah tidak berfungsinya teleskop yang dibawanya. Teleskop itu beroperasi tanpa kontrol roda stabilisasi yang diperlukan untuk menunjukkan ke arah yang benar.

Ini merupakan roda kedua yang hilang dari wahana tersebut. Padahal, jarak Keppler saat ini 40 juta mil dari Bumi, yang menunjukkan kemungkinan pencarian benda angkasa lainnya dalam ukuran lebih besar dari Bumi yang bisa layak huni.

Menurut laman rt.com (16/5), Kepler yang diluncurkan pada 2009 telah menemukan setidaknya 132 planet dan 2.700 calon planet yang perlu dikaji lebih lanjut. Di antaranya merupakan planet "super-bumi" karena  mengorbit pada formasi bintang yang bisa mendukung kehidupan.

PASADENA - Wahana penjelajah luar angkasa milik NASA, Kepler, mengalami masalah teknis cukup serius sehingga membahayakan keberlanjutan misi pencarian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News