Temuan Baru Kasus Saracen, Ada Foto Tokoh Parpol

Temuan Baru Kasus Saracen, Ada Foto Tokoh Parpol
Produsen hoaks yang tergabung dalam sindikat Saracen (berpakaian seragam tahanan warna oranye) di Mabes Polri, Rabu (23/8). Foto: Ilham Wancoko/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Bareskrim Polri menduga terdapat kaitan antara Saracen dengan partai politik (parpol) sebagai klien. Hal tersebut terendus dari jejak digital yang ditemukan penyidik.

Kanit V Subdit III Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipid Siber) Bareskrim AKBP Purnomo menjelaskan, beberapa tersangka diketahui memiliki foto bersama sejumlah tokoh parpol.

''Foto tersebut mengindikasikan adanya hubungan antara Saracen dengan parpol. Apakah di balik itu ada pemesanan,” terangnya dalam acara diskusi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, kemarin.

Namun saat dikonfirmasi kepada para tersangka, mereka mengelak dengan menyatakan foto bersama itu merupakan haknya.

”Mengakunya hanya sebatas fans,” tuturnya. Tapi penyidik tidak berhenti sampai di situ.

Semua itu nanti akan dikaitkan dengan sejumlah jejak digital sekaligus temuan dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). ”Kita akan lihat adakah keterhubungannya,” ujarnya.

Terkait nama-nama baru yang diketahui berdasar hasil laporan PPATK, dia mengatakan belum akan diungkapkan.

Bareskrim perlu untuk menggambarkan bagaimana peran setiap orang tersebut terlebih dahulu. ”Kami lihat dulu semuanya,” terangnya.

Beberapa tersangka kasus Saracen diketahui memiliki foto bersama sejumlah tokoh parpol.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News