Temuan Jejak Manusia Purba di Gua Purbakala Lojejer

Temuan Jejak Manusia Purba di Gua Purbakala Lojejer
Salah satu gua purba yang diidentifikasi sebagai tempat tinggal manusia zaman prasejarah, di Lojejer, Wuluhan. Foto: Heru Putranto/Radar Jember/JPNN.com

jpnn.com, JEMBER - Penemuan gua purbakala di Lojejer, Wuluhan, Kabupaten Jember masih menjadi perhatian Balai Pelestari Cagar Budaya Jawa Timur.

Untuk melindungi jejak manusia purba di gua purbakala ini, BPCB Jatim terus mendorong agar proses registrasi atau pencatatan temuan-temuan yang terdapat di gua segera dituntaskan.

Sejauh ini, BPCB hanya bisa menunggu dari tindak lanjut registrasi yang sudah diajukan ke pemerintah.

Radar Jember (Jawa Pos Group) melaporkan, meskipun terbilang temuan lama, namun ada beberapa benda baru yang ditemukan di gua tersebut.

Seperti beberapa kapak batu, kjokkenmodinger, hingga alat-alat serpih yang biasa digunakan manusia purba pada zaman mesolitikum.

Koordinator Juru Pemelihara Balai Pelestari Cagar Budaya Jawa Timur di Jember, Didik Purbandrio mengungkapkan, sebenarnya gua ini sudah menjadi objek penelitian semenjak zaman kolonial.

Penemuan gua ini, kata dia, hampir bersamaan dengan eksplorasi gua di Ponorogo dan Pacitan.

“Hasil kajian dari para ahli, tempat tinggal manusia purba salah satunya di Ponorogo, Pacitan, dan Jember yaitu di Watangan,” ujarnya.

Untuk melindungi jejak manusia purba di gua purbakala ini, BPCB Jatim terus mendorong agar proses registrasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News