Temuan Pansus Mengancam Posisi Pemerintah

Temuan Pansus Mengancam Posisi Pemerintah
Temuan Pansus Mengancam Posisi Pemerintah
JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Boni Hargen yakin terungkapnya berbagai aliran dana Bank Century yang diduga bermuara kepada tim sukses Partai Demokrat (PD) pada akhirnya akan mengancam posisi Partai Demokrat dan pemerintah berkuasa. "Data dan fakta yang terkuak oleh Pansus Cantury cukup jelas bahwa adanya dana yang diduga mengalir ke tim sukses Partai Demokrat. Ini semakin menguatkan bahwa skandal Century merupakan kejahatan pemilu (electoral crime)," tegas Boni di Jakarta, Rabu (17/2).

Dijelaskan Boni, tragedi pemilu yang terjadi di Thailand segera akan terjadi di Indonesia dan itu bermuara pada jatuhnya pemerintah berkuasa. "Thailand efek akan terjadi di Indonesia, tidak ada lagi yang bisa membendungnya. Efek lainnya, Partai Demokrat pun bisa digugurkan," kata Boni.

Beberapa minggu ke depan, lanjut Boni, setelah data terkuak maka tinggal tugas Mahkamah Konstusi untuk menindaklanjutinya. "Soal ancaman hukumuannya tentu sesuai dengan UU pemilu adalah partai tersebut dibubarkan dan hasil pemilu di gugurkan," tegasnya.

Dia pun mengakui hasil penelusuran pansus angket Century memang belum final antara lain disebabkan banyak tekanan dari penguasa. "Namun demikian, masih ada harapan bagi masyarakat untuk percaya kepada pansus yang tidak akan bergeming dengan segala bentuk tekanan," katanya.

JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Boni Hargen yakin terungkapnya berbagai aliran dana Bank Century yang diduga bermuara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News