Temuan SMRC Tentang HTI, PKS dan PPP

Temuan SMRC Tentang HTI, PKS dan PPP
Ilustrasi. Foto: dok/JPG

jpnn.com, JAKARTA - Pemilik Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) Saiful Mujani‎ mengatakan, para pendukung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) lebih berhubungan dengan cita-cita perjuangan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

HTI merupakan organisasi yang menyuarakan konsep khilafah di Indonesia. HTI bercita-cita mewujudkan Indonesia sebagai bagian dari Khilafah Islamiyah, yakni suatu bentuk pemerintahan yang terdiri dari negara Islam dan tergabung dalam satu kepemimpinan. Kemudian menggunakan sistem hukum Islam sebagai landasan bernegara.

"‎Sikap positif mendukung HTI jika dilihat dari partai, lebih banyak ditemukan pada pendukung PKS dan PPP dibanding pada pendukung partai-partai lain," kata Saiful saat memaparkan hasil survei di kantor SMRC, Jakarta Pusat, Minggu (4/6).

SMRC melakukan survei nasional terkait Negara Kesatuan Republik Indonesia dan ISIS. Survei itu dilakukan pada 14-20 Mei 2017 dengan jumlah responden 1.500 orang.‎

Survei dilakukan ‎terhadap warga yang berumur 17 tahun atau lebih, atau yang sudah menikah. Responden dipilih dengan cara multiple random sampling.

Margin of error survei yang dilakukan SMRC sebesar 2,7 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Menurut Saiful, sebanyak 34,3 persen responden ‎yang memberikan dukungan terhadap PKS, setuju dengan perjuangan HTI. "Setelah (PKS) itu PPP yang jumlahnya 19,7 persen," ucapnya.

Saiful menjelaskan, pendukung PKS dan PPP ‎banyak yang setuju dengan perjuangan HTI, karena didasarkan latar belakang kedua partai itu. "PKS dan PPP adalah dua partai yang lebih banyak bernuansa Islam. Simpati pemilihnya ke HTI," ujarnya.

Pemilik Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) Saiful Mujani‎ mengatakan, para pendukung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News