Temui Ganjar, Eks Buruh Migran di Cianjur Minta Perlindungan dan Pendampingan

Temui Ganjar, Eks Buruh Migran di Cianjur Minta Perlindungan dan Pendampingan
Capres 2024 Ganjar Pranowo dan istri saat bertemu eks buruh migran di Cianjur, Jawa Barat, kamis (5/10/2023). Foto: Tim Media Ganjar Pranowo

jpnn.com, CIANJUR - Suasana haru mewarnai pertemuan bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo dengan eks buruh migran di Cianjur, Jawa Barat, Kamis (5/10).

Dalam pertemuan itu, para buruh yang pernah menjadi pahlawan devisa tersebut membagikan kisah pedih selama bekerja di luar negeri.

Salah satunya ialah Siti Sukaesih yang pernah menjadi buruh migran di Dubai. Kepada Ganjar, dia mengaku sempat mendapat perlakuan tidak senonoh oleh sang majikan.

"Saat saya menolak, saya dilaporkan pada polisi. Saya minta tolong pada KBRI tetapi tidak ada jawaban. Telepon juga tidak pernah diangkat. Akhirnya saya dipulangkan, pak, tanpa membawa uang sepeser pun," ungkap Siti.

Pengalaman pahit juga diceritakan Yogi yang pernah jadi buruh migran di Arab Saudi tanpa mendapat bayaran.

Yogi bahkan pernah kecelakaan dan dirawat di rumah sakit, tetapi pihak perusahaan di sana tidak mau mengurusnya.

"Akhirnya saya kabur dan mencari pekerjaan baru. Tetapi saya tidak dibayar selama lima bulan," kenangnya.

Menurut Yogi, dia sering meminta bantuan kepada perwakilan pemerintah Indonesia di sana, tetapi laporannya tidak pernah direspons bahkan terkesan diabaikan.

Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo bertemu eks buruh migran di Cianjur. Ada suasana haru ketika para eks PMI menceritakan pengalaman pahit mereka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News