Temui Jonan, Ini Janji Bos Freeport

Temui Jonan, Ini Janji Bos Freeport
Ignasius Jonan. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Chief Executive Officer (CEO) Freeport-McMoran Inc Richard C. Adkerson menemui Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Jumat (6/10).

Pertemuan itu dilakukan jelang deadline negoasiasi antara pemerintah Indonesia dan PT Freeport Indonesia pada 10 Oktober mendatang.

Staf Khusus Bidang Komunikasi Menteri ESDM Hadi M. Djuraid mengatakan, dalam pertemuan tersebut, Adkerson menyatakan komitmen Freeport untuk melaksanakan kerangka dasar kesepakatan yang ditetapkan pada 29 Agustus lalu.

 ”Ada beberapa poin yang tetap disepakati akan dilakukan oleh Freeport. Yakni, divestasi saham sebesar 51 persen, pembangunan smelter, serta pendapatan negara yang lebih baik melalui pajak, retribusi, maupun royalti,” kata Hadi.

Terkait dengan mekanisme divestasi dan skema penghitungan nilai saham perusahaan tambang, kedua pihak belum mencapai kesepakatan.

Meski demikian, jangka waktu sejak awal perundingan hingga Freeport bersedia melepas saham adalah enam bulan.

”Sehingga wajar jika (perundingan) saat ini masih berlanjut,” ujarnya.

Momen kemarin juga mengawali pertemuan manajemen Freeport dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan menteri ESDM.

Chief Executive Officer (CEO) Freeport-McMoran Inc Richard C. Adkerson menemui Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Jumat (6/10).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News