Temui Petinggi China, Megawati Bicarakan Kerjasama Budaya

Temui Petinggi China, Megawati Bicarakan Kerjasama Budaya
Temui Petinggi China, Megawati Bicarakan Kerjasama Budaya
JAKARTA - Di sela-sela kunjungan untuk tampil sebagai pembicara kunci pada 1st World Cultural Forum di Tiongkok, Ketua Umum PDI Perjuangan yang juga mantan Presiden RI, Megawati Soekarnoputri menemui tokoh Partai Komunis Tiongkok, Liu Yandong. Hari ini (18/5), Megawati bertemu dengan Liu guna membicarakan peningkatan persahabatan dan kerjasama antara kedua negeri.

Wakil Sekjen PDIP, Hasto Kristianto yang turut dalam pertemuan tersebut, melalui surat elektronik (email) ke JPNN mengatakan bahwa pemerintah dan bangsa Tiongkok masih ingat dengan jasa Bung Karno yang gigih memperjuangkan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) agar menjadi anggota tetap Dewan Keamanan PBB. "Itu disampaikan Bung Karno dalam pidato membangun tata dunia baru di PBB," ucap Hasto menirukan Liu.

Liu Yandong -politisi kelahiran 1945- adalah state councellor di RRT sekaligus anggota Politbiro Partai Komunis Tiongkok. Saat ini, Liu adalah satu-satunya perempuan Tiongkok yang memiliki jabatan tertinggi di Tiongkok baik di pemerintahan ataupun Partai Komunis Tiongkok.

Masih mengutip Liu , Hasto mengatakan bahwa Tiongkok juga mencatat peran Presiden Pertama RI itu dalam meletakkan dasar-dasar persahabatan antarkedua bangsa. Liu yang juga anggota politbiro CC Partai Komunis Tiongkok menempatkan Bung Karno sebagai sosk istimewa.

JAKARTA - Di sela-sela kunjungan untuk tampil sebagai pembicara kunci pada 1st World Cultural Forum di Tiongkok, Ketua Umum PDI Perjuangan yang juga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News