Temui PM Selandia Baru, Jokowi Sampaikan 3 Hal Penting

Temui PM Selandia Baru, Jokowi Sampaikan 3 Hal Penting
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern di Hotel Kimpton Maa-Lai, Bangkok, Jumat (18/11) pagi. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, BANGKOK - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern di Hotel Kimpton Maa-Lai, Bangkok, Jumat (18/11) pagi.

Pertemuan itu dilakukan Jokowi di sela-sela kegiatan KTT APEC.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi membahas tiga isu utama yaitu penguatan kerja sama ekonomi, transisi energi, dan penguatan di kawasan Pasifik.

"Kita perlu dorong akses pasar bagi perdagangan kedua negara khususnya pada komoditas pertanian, mineral, besi dan baja, dan plastik serta kerja sama bidang pertanian dan sertifikasi halal," ucap presiden dalam pertemuan.

Di bidang kerja sama transisi energi, Presiden Jokowi mengatakan Indonesia terus mendorong penggunaan energi baru dan terbarukan.

"Saya mengundang pebisnis Selandia Baru untuk investasi pada pengembangan energi panas bumi di Indonesia," ucap Presiden Jokowi.

Sementara itu di bidang kerja sama kawasan, Presiden Jokowi mengatakan Indonesia berkomitmen untuk mendorong kerja sama pembangunan di Pasifik. Untuk itu, tahun depan, Indonesia akan mendorong engagement negara Pasifik dengan ASEAN.

"Saya ingin Selandia Baru dapat menjadi jembatan penghubung kemitraan antara ASEAN dan Pasifik di kawasan Indo-Pasifik," kata presiden.

Presiden Jokowi membahas tiga isu utama yaitu penguatan kerja sama ekonomi, transisi energi, dan penguatan di kawasan Pasifik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News