Tenang, Beginilah Cara Bio Farma Pastikan Keamanan & Kualitas Vaksin COVID-19

Tenang, Beginilah Cara Bio Farma Pastikan Keamanan & Kualitas Vaksin COVID-19
Ilustrasi Vaksin Covid-19.Foto: Daily Sabah

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menyatakan bahwa semua persiapan sebelum vaksinasi COVID-19 mengutamakan aspek kehati-hatian dan keselamatan masyarakat.

Menurut dia, Bio Farma akan memastikan keamanan vaksin yang diproduksi terjamin dan terdistribusi secara tepat. 

“Sekarang yang kami lakukan adalah periode monitoring, di mana sampel darah dari masing-masing sukarelawan akan dites untuk menentukan titer antibodi," ujar Honesti dalam dialog bertema Menjaga Kualitas Vaksin Aman Hingga ke Masyarakat yang diselenggarakan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (28/12).

Ekonom asal Padang, Sumatera Barat itu menjelaskan, Bio Farma akan melaporkan hasil monitoring tersebut kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM). Menurutnya, langkah itu sebagai bagian dari proses untuk mendapatkan emergency use authorization (EUA).

"Sampai saat ini tidak ada kejadian-kejadian yang serius yang akan membuat uji klinik tahap tiga terevaluasi ataupun dihentikan, sehingga izin dari Badan POM bisa keluar dan kami nanti bisa segera berikan program vaksinasi kepada masyarakat luas," ujar dia.

Selain memastikan keamanan vaksin COVID-19, Bio Farma juga tengah mempersiapkan sistem distribusi vaksin ke seluruh Indonesia. 

Menurut Honesti, Bio Farma telah mengembangkan sistem digital untuk memantau vaksin COVID-19 sejak pengemasan hingga pelacakannya.

"Kami kembangkan dengan sistem track and trace. Kami akan memberikan semacam QR code (kode respons cepat, red), mulai dari kemasan yang primary, secondary, dan juga tertiary sehingga nanti vaksin ini benar-benar bisa kami pastikan akan diberikan kepada yang berhak untuk menerimanya," ujar Honesti.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, semua persiapan sebelum vaksinasi COVID-19 mengedepankan aspek kehati-hatian dan keselamatan masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News