Tenang! Stok dan Harga Sembako Jelang Ramadan Aman

Tenang! Stok dan Harga Sembako Jelang Ramadan Aman
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan ketersediaan kebutuhan pokok saat Ramadan dan Idulfitri 1438 akan mencukupi.

"Stok aman. Pak Presiden mengingatkan jauh-jauh hari agar dipersiapkan. Kemudian harga Insyaallah juga aman," ujar Enggar di kompleks Istana Negara, Senin (3/4).

Saat ditanya mengenai antisipasi lonjakan harga, Enggar justru memprediksi sejumlah kebutuhan pokok seperti beras dan gula harganya akan turun.

"Beras ada kemungkinan turun. Kemudian gula turun, Insyaallah turun. Untuk daging, daging kerbau standby," jelas dia.

Sementara Dirut Badan Urusan Logistik (Bulog) Djarot Kusumayakti mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan langkah untuk menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok.

"Jawaban sederhana, kami siapkan stok cukup sebelum hari H itu terjadi," ujar Djarot, sembari menyebutkan, saat ini Bulog memiliki stok gula sekitar 460 ribu ton.

Dengan stok sebanyak itu, maka pemerintah masih leluasa untuk melakukan intervensi pasar ketika terjadi lonjakan harga. (fat/jpnn)


Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan ketersediaan kebutuhan pokok saat Ramadan dan Idulfitri 1438 akan mencukupi.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News