Tenang, Tak Usah Cemas Bakal Kehabisan BBM di Tol Fungsional

Tenang, Tak Usah Cemas Bakal Kehabisan BBM di Tol Fungsional
Rest area di tol fungsional Pejagan - Pemalang yang dilengkapi SPBU portabel. Foto: Agus Wibowo/Radar Tegal/JPG

jpnn.com, TEGAL - Pemudik yang akan melintasi akses Jalan Tol Trans Jawa mulai dari Brebes hingga Semarang tidak perlu khawatir mencari bahan bakar minyak (BBM). Meski di tol yang masih bersifat fungsional itu belum ada stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) permanen, tapi Pertamina telah menyiagakan kios Pertamax.

Area Manager Communication & CSR Pertamina MOR IV Andar Titi Lestari mengatakan, pihaknya telah menyediakan kios- kios BBM yang dilengkapi dispenser. ”Selain menyediakan pom bensin portable, Pertamina juga menyediakan fasilitas motoris yang akan melayani kebutuhan BBM di tengah macet,” ujarnya.

Namun, keberadaan motor bersifat penambahan saja untuk membantu pengendara bisa bergerak ke SPBU terdekat. Petugas akan bergerak saat mendapat panggilan dari konsumen yang kehabisan bahan bakar di tengah kemacetan.

“Kalau normal yang bisa ngisi langsung ke pom bensin,” katanya.

Dia menjelaskan, kios Pertamax ada di ruas-ruas tol fungsional. Antara lain di ruas tol fungsional Pejagan-Pemalang Gerbang Tol Kertasari KM 294, rest area KM 275 dan rest area tol Gandulan.

Di kios tersebut tersedia BBM kemasan kalengan dan jeriken, mulai jenis premium, Pertamax, hingga solar. ”Karena di ruas tol fungsional belum ada SPBU-nya, makanya kami tempatkan kios Pertamax kemasan lalu mobil dispenser dan motor BBM,” bebernya.

Adapun titik-titik fungsional yang dapat dilalui pemudik tanpa dikenai tarif adalah Tol Brebes Timur-Pemalang (37,3 Km), Pemalang-Batang (39,2 Km), Batang-Semarang (75 Km), Salatiga-Kartasura (32 Km), Solo-Sragen (36 Km), dan Wilangan-Kertosono (37 Km).

Sementara Retail Fuel Marketing Rayon 4 Pertamina Karesidenan Pekalongan Fachrizal Imaduddin mengatakan, penyediaan Pertamax dan Dexlite untuk memudahkan konsumen. Dengan demikian konsumen tidak bingung memilih BBM.

Pertamina telah menyediakan kios-kior bahan bakar minyak (BBM) di tol fungsional Pejagan - Pemalang sehingga pemudik yang melintas tak khawatir kehabisan BBM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News