Tensi Turun dan Pusing Hilang setelah Keliling Arena

Tensi Turun dan Pusing Hilang setelah Keliling Arena
TERAPI SEHAT: Ivan A.R. Titus luangkan waktu berkuda kala tidak dinas. Ivan saat berlatih di Kenpark, Minggu sore (11/5). Foto: Guslan Gumilang/Jawa Pos

jpnn.com - ARENA mini berkuda di Kenpark (Kenjeran Park) Minggu sore (11/5) tampak lebih ramai. Beberapa ekor kuda dikeluarkan dari ruang groom (perawatan) Emporium Horse Club, Surabaya. Salah satu kuda setinggi 170 sentimeter dituntun Seno Iskandar, pemilik kuda tersebut, mendekati arena. Tidak jauh dari arena berbentuk lingkaran berdiameter sekitar 25 meter, telah bersiap Ivan Ahmad Riski Titus.

Wakil Komandan Kobangdikal berpangkat brigadir jenderal TNI Marinir itu sudah mengenakan kostum berkuda. Lengkap dengan sepatu dan helm protektor. Sore itu perwira tinggi bintang satu tersebut menyempatkan berlatih. Latihan di arena yang dekat dengan pintu masuk Kenpark itu mulai rutin dijalani. Terutama setelah dia menjadi orang nomor dua di kawah candradimuka prajurit matra laut sejak 18 Februari 2014.

’’Ini sesi kelima beliau sejak bertugas di Surabaya hampir tiga bulan lalu,’’ ungkap Seno. Meski menjabat wakil, kesibukan Ivan tetap padat. Dia lebih banyak stand by di kesatrian Bumimoro. Terutama saat Komandan Kobangdikal Laksda TNI Widodo sering dinas luar maupun mendampingi petinggi Mabes TNI-AL yang ke Jawa Timur. Apalagi komando utamanya kemarin (12/5) genap merayakan Hari Pendidikan TNI-AL (Hardikal) ke-68.

Selama berkarir di Marinir TNI-AL, Ivan memang lebih sering bertugas di Jakarta. Alumnus AAL 83 itu sebelumnya menjabat kepala sekretaris Lembaga Sekolah Staf Komando Angkatan Laut (Seskoal) Cipulir.

’’Saya usahakan mumpung di Surabaya bisa intens berlatih,’’ tutur Ivan dengan nada kalem. Selama berdinas di Jakarta, dia berlatih minimal seminggu sekali. Bahkan, bisa dua kali pada akhir pekan Sabtu dan Minggu.

Bertebarannya lokasi berlatih berkuda di Jakarta dan sekitarnya membuat Ivan lebih mudah menyalurkan hobinya sejak belia. Prajurit kelahiran Bandung yang genap berusia 54 tahun pada 6 Desember 2013 itu juga kerap berpartisipasi dalam lomba berkuda di Arthayasa Stables, Depok dan Pulomas, Jakarta Timur. Tempat favorit berkuda di Lembang malah lebih dekat dengan tempat tinggalnya di kawasan Kota Bandung.

Sebaliknya, arena berkuda di Jawa Timur terhitung minim. Kesempatan yang langka itu dia maksimalkan untuk berkuda sampai menjelang petang pada akhir pekan. ’’Saya ingin memadukan hobi berkuda dengan berangkat kerja dan pulangnya. Karena sebagai prajurit harus mengutamakan dinas dan di sisi lain kuda butuh pemanasan, belum mungkin untuk dijadikan rutinitas,’’ jelas Ivan.

Seperti layaknya manusia yang hendak berolahraga, kuda pun membutuhkan persiapan sebelum ditunggangi. Tidak bisa langsung dipasangi sadel (pelana) dan dinaiki. Minimal butuh waktu 30–45 menit untuk melemaskan otot-otot kaki dan leher.

ARENA mini berkuda di Kenpark (Kenjeran Park) Minggu sore (11/5) tampak lebih ramai. Beberapa ekor kuda dikeluarkan dari ruang groom (perawatan)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News