Tentara AS Dibarter 5 Pejuang Taliban

Tentara AS Dibarter 5 Pejuang Taliban
Sersan Bowe Bergdahl. Getty Images

jpnn.com - Sersan Bowe Bergdahl yang hampir lima tahun berada dalam tahanan Taliban akhirnya dibebaskan Sabtu malam (31/5). Tetapi pembebasan Sersan berusia 28 tahun ini tidak gratis.

Pemerintah Amerika Serikat terpaksa membebaskan lima tahanan Afghanistan yang selama ini dikurung di penjara Guantanamo di teluk Kuba.

Kelima tahanan Taliban itu adalah:

Mohammad Fazl yang selama perang Afghan 2001 bertugas sebagai deputi menteru pertahanan Taliban. Dia dituduh melakukan kejahatan perang termasuk pembantaian ribuan Muslim Siah.

Khirullah Khairkhwa, seorang pejabat senior Taliban yang sebelum ditangkap menjabat posisi menteri dalam negeri dan gubernur Herat. Ini adalah kota terbesar ketiga di Afghanistan. Khairkhwa dituduh memiliki hubungan dekat dengan Osama bin Laden.

Selanjutnya adalah Abdul Haq Wasiq, deputi menteri intelijen. Said memiliki peran penting dalam menjalin hubungan dengan kelompok fundamentalis muslim lainnya dalam menghadapi pasukan koalisi AS.

Tahanan Taliban keempat yang dibebaskan adalah Mullah Norullah Noori. Dia ini seorang komandan senior pasukan Taliban dan juga mantan gubernur. Noori diduga terlibat dalam pembunuhan massal Muslim Siah.

Terakhir yang dibebaskan sebagai ganti Sersan Berghdal adalah Mohammad Nabi Omari yang sebelumnya memegang beberapa jabatan penting termasuk kepala keamanan Taliban. Dia didakwa karena terlibat dalam serangan melawan pasukan AS.

Sersan Bowe Bergdahl yang hampir lima tahun berada dalam tahanan Taliban akhirnya dibebaskan Sabtu malam (31/5). Tetapi pembebasan Sersan berusia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News