Terapi Chemo-Bath Diterapkan Inggris untuk Obati Kanker

Terapi Chemo-Bath Diterapkan Inggris untuk Obati Kanker
Terapi Chemo-Bath Diterapkan Inggris untuk Obati Kanker
LONDON - Metode pengobatan kanker yang disebut chemo-bath sudah diberikan kepada para pasien di Inggris. Melalui metode ini pengobatan kanker dapat diarahkan ke salah satu organ tubuh saja sehingga bisa mencegah efek samping.

Menurut BBC (13/11), untuk pertama kalinya, dua pasien penderita kanker hati mendapat perawatan yang diarahkan hanya pada organ mereka. Kedua pasien awalnya menderita kanker mata yang tergolong langka namun sudah menyebar ke hati.

Sebelumnya obat-obatan kemoterapi untuk kanker memang berhasil mematikan sel-sel yang berkembang pesat, namun pada saat bersamaan juga merusak sel sehat. Para dokter di Rumah Sakit Umum Southampton menyatakan metode chemo-bath juga memungkinkan mereka untuk memberi dosis yang lebih besar tanpa menyebabkan kerusakan lebih lanjut dalam tubuh pasien.

Pengobatan yang tersedia selama ini membawa dampak sampingan seperti kelelahan, rambut rontok, maupun kemandulan. Dua pasien yang mendapat perawatan dengan chemo-bath menjalani operasi dengan memompa balon pada pembuluh darah di kedua sisi hati untuk menutupnya dari bagian tubuh lain.

LONDON - Metode pengobatan kanker yang disebut chemo-bath sudah diberikan kepada para pasien di Inggris. Melalui metode ini pengobatan kanker dapat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News