Kamis, 25 April 2019 – 17:40 WIB

Terapis Spa, Bali Masih Unggul di Timur Tengah

Rabu, 30 Januari 2019 – 20:40 WIB
Terapis Spa, Bali Masih Unggul di Timur Tengah - JPNN.COM

jpnn.com, DENPASAR - Para wanita Kabupaten Klungkung tidak takut untuk bersaing mencari penghidupan di luar negeri dan jumlahnya terhitung lebih besar dibanding laki-laki. Para TKW ini biasanya bekerja sebagai terapis Spa di negara Timur Tengah.

“Untuk persaingan sebagai terapis Spa, Bali masih unggul. Kalau di kapal pesiar, tenaga kerja asal Thailand katanya yang lebih unggul sehingga persaingan lebih ketat. Selain itu bekerja di kapal pesiar lebih berat. Itu sebabnya TKW asal Klungkung lebih tertarik sebagai terapis Spa,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung, I Gede Kusumajaya seperti dilansir Radar Bali (Jawa Pos Group), Rabu (30/1).

Menurutnya, banyaknya wanita yang tertarik bekerja ke luar negeri karena penghasilan yang ditawarkan lebih besar dibandingkan di Klungkung.

Selain itu rasa aman yang diberikan para penyedia kerja di luar negeri terutamanya yang di daratan membuat para wanita Klungkung tertarik untuk bekerja di negara Timur Tengah.

I Gede Kusumajaya, mengungkapkan, jumlah pencari kerja di Klungkung tahun 2018 sebanyak 737 orang.

Dari jumlah tersebut ada sebanyak 342 orang mencari pekerjaan ke luar negeri. “Paling banyak itu TKI asal Kecamatan Klungkung.

TKI asal Klungkung biasanya berprofesi sebagai terapis spa, kru atau awak kapal pesiar dan staf hotel,” bebernya.(rb/ayu/mus/JPR)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar