Terapkan Kaidah Good Mining Practice, MIND ID Raih Penghargaan

Terapkan Kaidah Good Mining Practice, MIND ID Raih Penghargaan
MIND ID meraih penghargaan Kaidah Pertambangan yang Baik (Good Mining Practice) dari Kementerian ESDM (KESDM) pada Kamis (29/9). Foto: MIND ID

jpnn.com, JAKARTA - MIND ID (Mining Industry Indonesia) meraih penghargaan Kaidah Pertambangan yang baik (Good Mining Practice) dari Kementerian ESDM (KESDM) pada Kamis (29/9).

Penghargaan ini merupakan apresiasi dari pemerintah kepada MIND ID yang dinilai berhasil menerapkan aspek-aspek Keselamatan Pertambangan, Lingkungan Hidup, Konservasi Mineral dan Batubara, Pengelolaan Teknik Pertambangan, serta Standarisasi dan Usaha Jasa Pertambangan.

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso mengatakan aspek-aspek good mining practice sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari pengelolaan kegiatan operasional perusahaan.

"Penghargaan ini akan menjadi refleksi bagi perusahaan untuk terus meningkatkan dan mengoptimalkan seluruh aspek tersebut dimasa yang akan datang, sebagai bentuk komitmen terhadap keberlanjutan," ungkap Hendi dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (7/10).

Penghargaan Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang baik merupakan apresiasi yang diberikan Kementerian ESDM kepada pelaku kegiatan pertambangan mineral dan batu bara yang berhasil menerapkan good mining practice.

Penghargaan ini bertujuan meningkatkan motivasi dan konsistensi badan usaha pemegang izin usaha pertambangan maupun izin usaha jasa pertambangan untuk mewujudkan operasional tambang yang baik, optimal, efisien, mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja serta berwawasan lingkungan.

Good mining practices juga merupakan bagian dari penerapan ESG (Environmental, Social, and Governance).

Namun, aspek yang paling ditekankan adalah lingkungan, yakni kinerja perusahaan dicapai dengan tetap memerhatikan lingkungan baik dari operasional hingga hasil produknya.

Perusahaan yang menerapkan prinsip ESG dalam praktik bisnis dan investasinya akan turut mengintegrasikan serta mengimplementasikan kebijakan perusahaan.

MIND ID meraih penghargaan Kaidah Pertambangan yang Baik (Good Mining Practice) dari Kementerian ESDM (KESDM) pada Kamis (29/9).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News