Terbang di Langit Papua, Citilink Perkuat Akses Pariwisata

Terbang di Langit Papua, Citilink Perkuat Akses Pariwisata
Salah satu pulau di kawasan Raja Ampat, Papua Barat. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com - PAPUA – Papua terkenal akan sebagai surga tempat wisata alam di Indonesia.Tetapi tidak banyak orang berkesempatan terbang ke pulau paling timur itu karena biaya transportasi yang mahal.

Kini, maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia akan membuka rute ke Papua. Ini sebagai salah satu upaya memperluas konektivitas ke daerah Timur Indonesia, juga untuk mendorong pariwisata di Papua.

"Pembukaan rute ini menjadi salah satu prioritas utama kami. Ini langkah penting Citilink untuk memperluas konektivitas, dan mengembangkan potensi tanah air. Jadinya nanti dari Aceh hingga Papua bisa terkoneksi dengan penerbangan Citilink", kata President & CEO Citilink Indonesia, Albert Burhan di Jakarta.

Albert mengatakan, maskapai pelat merah ini berencana terbang di atas langit Papua mulai Oktober 2016. Rute yang akan dibuka adalah Jakarta - Jayapura.

"Citilink Indonesia akan membuka penerbangan berjadwal harian dari Jakarta ke Jayapura melalui penerbangan transit,” jelasnya.

Albert menjelaskan saat ini tim Citilink terus menggodok konsep dan melakukan persiapan agar pembukaan rute ke Jayapura segera dilakukan.

"Kami telah melakukan feasibilities study sebelumnya, Jayapura memiliki potensi penumpang dan angkutan kargo yang cukup bagus. Kami terus mengkaji dan mempelajari agar rute ini bisa segera direalisasikan, dan akhirnya Oktober akan kami mulai,” katanya.

Saat ini Citilink sedang dalam proses pengajuan perizinan slot di bandara Jayapura ke Kementerian Perhubungan. Untuk pembukaan rute terbaru Jakarta – Jayapura Citilink Indonesia akan menggunakan pesawat Airbus A320 yang memiliki kapasitas tempat duduk untuk 180 penumpang.

PAPUA – Papua terkenal akan sebagai surga tempat wisata alam di Indonesia.Tetapi tidak banyak orang berkesempatan terbang ke pulau paling timur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News