Terbongkar! Rumah Bercat Biru Itu Kurung Puluhan Burung Langka

Terbongkar! Rumah Bercat Biru Itu Kurung Puluhan Burung Langka
Dua Cenderawasih berhasil diamankan. Foto: Cenderawasih Pos

jpnn.com - JAYAPURA - Sejumlah petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Papua menggerebek rumah bercat biru, yang berada tak jauh dari rumah dinas Wakakesdam XVII Cenderawasih, Dok V Jayapura Utara, Rabu (14/12) kemarin.

Warga pun heboh. BBKSDA datang bukan tanpa alasan. Mereka menerima laporan masyarakat terkait adanya aktivitas penampungan satwa dilindungi. 

Setelah dilakukan penyelidikan ternyata informasi ini benar. Petugas BBKSDA yang menelusuri dinding samping rumah ternyata menemukan sejumlah burung dilindungi termasuk Burung Cenderawasih yang masih hidup. 

Puluhan ekor burung dilindungi ini disinyalir akan dijual kembali dan pemilik rumah berinisial MS. Petugas kehutanan sendiri mendatangi lokasi mulai pukul 16.00 WIT namun terus dipersulit pemilik rumah. 

Sang istri yang tinggal sendiri di rumah berdalih sang suami belum pulang sehingga pintu yang sempat dibuka kembali ditutup rapat. Meski upaya persuasif terus dilakukan dengan meminta pemilik rumah membuka pintu samping yang berisi puluhan burung dilindungi ini ternyata tak digubris. Pintu tetap dikunci.

Karena dianggap menghalang-halangi akhirnya petugas memilih untuk mengecek ke jendela belakang untuk memastikan informasi yang diperoleh tak salah.

“Operasi yang kami lakukan adalah melakukan upaya paksa terhadap satwa dilindungi sebab sebelumnya kami memperoleh informasi adanya aktivitas menampung satwa dilindungi,” kata Kabid Perlindungan dan Konservasi Hutan, Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Yohanis S Huik kepada Cenderawasih Pos.

Dia pun bisa memastikan setelah mendengar suara dan mengintip dari celah bangunan tersebut ternyata benar ada puluhan burung yang sudah berada dalam kerangkeng.

JAYAPURA - Sejumlah petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Papua menggerebek rumah bercat biru, yang berada tak jauh dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News