Terbukti, Gus Imin Memberi Manfaat Politis buat Anies

Terbukti, Gus Imin Memberi Manfaat Politis buat Anies
Capres dan Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - SURABAYA - Elektabilitas pasangan capres-cawapres bernomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) cenderung naik dalam beberapa bulan terakhir.

Survei dari lembaga survei Indonesia Political Opinion (IPO) pada 1-7 Januari 2024 menyebutkan Anies-Cak Imin mengalami penguatan dengan raihan 34,5 persen.

Hasil survei itu menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di posisi pertama 42,3 persen dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di urutan ketiga dengan 21,5 persen.

Juru bicara AMIN di Jawa Timur Fauzan Fuadi menuturkan, naiknya elektabilitas AMIN sudah diprediksi sebelumnya setelah rangkaian tahapan pilpres dilakukan.

Anies maupun Gus Imin seperti dwitunggal. “Keduanya mampu merebut hati masyarakat, termasuk juga kalangan muda yang ingin adanya gerakan perubahan di Indonesia,” kata Fauzan, Jumat (12/1).

Dia mengatakan Anies dan Gus Imin bisa diterima oleh berbagai kalangan.

“Mas Anies dan Gus Imin juga tampil segar penuh inovasi di media sosial,” ujar Fauzan.

Peneliti senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Firman Noor kaget dengan kenaikan elektabilitas AMIN dalam satu bulan menjelang Pemilu 2024. Menurutnya, hal tersebut dikarenakan adanya diversifikasi dari basis pendukung tradisional Anies Baswedan.

Elektabilitas pasangan Anies-Gus Imin cenderung naik dalam beberapa bulan terakhir. Cek update-nya di sini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News