Rabu, 21 Agustus 2019 – 17:02 WIB

Terdakwa BLBI Menang Kasasi, KPK Tetap Bidik Sjamsul Nursalim Bos BDNI

Rabu, 10 Juli 2019 – 14:24 WIB
Terdakwa BLBI Menang Kasasi, KPK Tetap Bidik Sjamsul Nursalim Bos BDNI - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menyatakan penyidikan terhadap Sjamsul Nursalim dan Itjih Nursalim dalam perkara rasuah penerbitan surat keterangan lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) tetap berlanjut meski Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan kasasi mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) Syafruddin A Temenggung.

“Penanganan perkara dengan tersangka SJN (Sjamsul Nursalim, red) dan ITN (Itjih Nursalim, red) yang sedang berproses dalam tahap penyidikan tetap berjalan,” ujar Saut.

BACA JUGA: Majelis Kasasi Tak Satu Suara, Terdakwa Korupsi SKL BLBI Menang di MA

Komisioner KPK Alexander Marwata mengatakan, putusan MA dalam tingkat kasasi yang melepaskan Syafruddin memang berdampak pada perkara yang menyeret Sjamsul dan Itjih. “Karena perkara SN (Sjamsul, red) tidak bisa dilepaskan dari perkara ST (Syafruddin Temenggung, red),” ujar Alex.

Namun, Alex memastikan penyidikan terhadap bos Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) itu tetap berlanjut. “KPK tidak mempunyai kewenangan menghentikan penyidikan atau mengeluarkan SP3,” tegasnya.

Kelanjutan penyidikan terhadap Sjamsul dan Itjih juga bisa dilihat pada jadwal pemeriksaan. Hari ini (10/7) KPK menjadwalkan pemeriksaan terhadap sejumlah mantan pejabat.

Nama-nama yang masuk dalam daftar saksi di KPK untuk pemeriksaan hari ini adalah mantan Menteri BUMN Laksamana Sukardi, mantan Kepala BPPN Glenn Muhammad Surya Yusuf, mantan Deputi Kepala BPPN Farid Harianto dan seorang PNS bernama Edwin H Abdulah. “Penyidikan BLBI ini tetap kami proses sesuai hukum acara yang berlaku,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Terpisah, advokat Otto Hasibuan yang menjadi kuasa hukum Sjamsul mengatakan, KPK seharusnya mematuhi putusan MA terhadap Syafruddin. Menurutnya, dengan adanya vonis bebas untuk Syafruddin pada tingkat kasasi maka KPK tak punya wewenang lagi meyidik Sjamsul dan Itjih.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar