Terdampak Pandemi, Pendapatan PT Karya Bersama Anugerah Kuartal III Menurun

Terdampak Pandemi, Pendapatan PT Karya Bersama Anugerah Kuartal III Menurun
PT Karya Bersama Anugerah Tbk (KBAG), pengembang real estate dengan konsep rumah hunian sederhana berbasis di Balikpapan, Kalimantan Timur. Foto dok KBAG

jpnn.com, BALIKPAPAN - PT Karya Bersama Anugerah Tbk (KBAG), pengembang real estate dengan konsep rumah hunian sederhana berbasis di Balikpapan, Kalimantan Timur, mencatatkan penurunan pendapatan yang signifikan pada kuartal III 2021 sebesar Rp 21,48 miliar atau sebesar -32,2%, jika dibandingkan kuartal III 2020 Rp 31,69 miliar.

Berdasarkan laporan keuangan per 31 September 2021, tidak diaudit, penurunan pendapatan tersebut karena menurunnya penjualan unit yang disebabkan meningkatnya kembali kasus corona di pertengahan 2021.

“Banyak karyawan Perseroan yang terkena covid-19, sehingga cukup menggangu aktivitas operasional perseroan,” ujar Corporate Secretary PT Karya Bersama Anugerah Lasiah Pipit.

Penurunan penjualan tersebut menyebabkan merosotnya kinerja laba kotor perseroan secara signifikan sebesar Rp 9,55 miliar atau turun sebesar -41,4% jika dibandingkan dengan kuartal tahun sebelumnya.

Selain itu, laba usaha perseroan juga mengalami penurunan yang signifikan sebesar -88,6% atau sebesar Rp 0,99 miliar yang disebabkan oleh kenaikan pada biaya pemasaran atau biaya marketing seiring dengan program pemasaran yang diluncurkan oleh Perseroan.

"Sehingga laba bersih perseroan ikut terpangkas signifikan sebesar 84,6% atau sebesar Rp 1,74 miliar jika dibandingkan periode sebelumnya," tutur Lasiah.

Dari sisi aset, perseroan mencatatkan total aset pada periode 31 September 2021 sebesar Rp 462,95 miliar, relatif stabil jika dibandingkan dengan total asset pada 31 Desember 2021 yang tercatat sebesar Rp 463,49 miliar.

Dari sisi liabilitas, utang lancar perseroan tercatat sebesar Rp 80,28 miliar, meningkat sebesar Rp 1,05 miliar atau sebesar 1,3% jika dibandingkan dengan utang lancar pada Desember 2021, yang disebabkan kenaikan tipis pada utang nonusaha.

PT Karya Bersama Anugerah Tbk (KBAG), pengembang real estate dengan konsep rumah hunian sederhana berbasis di Balikpapan, Kalimantan Timur, mencatatkan penurunan pendapatan yang signifikan pada kuartal III 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News