Terempas Ombak, 27 Tewas

Pengungsi yang Coba Capai Pulau Natal

Terempas Ombak, 27 Tewas
Terempas Ombak, 27 Tewas
SYDNEY - Tragedi terjadi di pesisir barat laut Australia. Tepatnya di Pulau Natal atau Christmas Island. Kemarin (15/12) sebuah perahu kayu sarat penumpang terempas ke batuan karang dan terbelah. Sedikitnya 27 orang, termasuk anak-anak, tewas dalam kejadian tersebut. Mereka diyakini sebagai pencari suaka asal Iran dan Iraq.

"Cukup banyak anak yang terapung di laut. Ada seorang anak yang masih sangat kecil terapung dengan kepala menghadap ke bawah. Dia sama sekali tidak bergerak. Mati," papar Simon Prince, seorang pemilik toko di pesisir Pulau Natal, kepada Agence France-Presse. Dia mengatakan sangat shock menyaksikan para korban tewas yang terapung di lautan.

Tanpa dikomando, warga pesisir yang melihat kejadian tersebut langsung berlarian ke pantai. Mereka berusaha meraih para korban yang terapung. Terutama mereka yang masih hidup. Sebagian besar mencengkeram serpihan perahu. Sayangnya, gelombang dan angin laut tidak bersahabat. Para korban selamat yang berusaha keras berenang ke tepian beberapa kali kembali terlempar ke tengah lautan.

Menurut Prince, para korban yang diyakini sebagai imigran gelap asal Timur Tengah itu terombang-ambing di lautan sekitar satu jam. Tragedi tersebut berawal saat mesin perahu yang mereka tumpangi tiba-tiba mati. Saat itu, hanya ada satu penumpang yang beruntung. Dia berhasil melompat sesaat sebelum perahu yang mogok di tengah lautan tersebut tersapu ombak dan menabrak karang sampai terbelah.

SYDNEY - Tragedi terjadi di pesisir barat laut Australia. Tepatnya di Pulau Natal atau Christmas Island. Kemarin (15/12) sebuah perahu kayu sarat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News