Terganggu Cuaca, Adi Sutjipto Tutup 50 Menit

Terganggu Cuaca, Adi Sutjipto Tutup 50 Menit
Terganggu Cuaca, Adi Sutjipto Tutup 50 Menit
JAKARTA - Bandara Adi Sutjipto Jogjakarta, Rabu (10/3) petang, sempat harus ditutup sementara oleh PT Angkasa Pura I sebagai pengelola bandara, karena masalah cuaca. Akibat penutupan ini, sejumlah jadwal penerbangan dari dan menuju bandara tersebut sempat terganggu.

Dalam rilis yang diterima JPNN, Manajer Operasi PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Adi Sutjipto Jogjakarta, Halendra YW mengungkapkan, alasan penutupan ini adalah karena gangguan cuaca yang mengakibatkan berkurangnya jarak pandang pilot yang hendak melakukan pendaratan maupun lepas landas. "Penutupan kami lakukan selama sekitar 50 menit, sejak pukul 15.00 hingga 15.50 WIB, untuk alasan keselamatan. Setelah cuaca membaik, bandara langsung kami buka kembali. Sekarang kondisinya sudah normal lagi,” jelasnya saat dihubungi.

Menurut Halendra, akibat cuaca buruk tersebut, jarak pandang di bandara yang dikelola pihaknya itu sempat hanya sebatas 500 meter. Sementara menurut aturan keselamatan penerbangan, jarak pandang minimal yang diizinkan, baik untuk mendarat maupun lepas landas, adalah 1.200 meter.

"Akibat kita tutup, ada beberapa pesawat yang sempat holding di udara, menunggu cuaca membaik. Ada juga yang RTB (terbang kembali ke bandara asal). Bandara kita buka setelah jarak pandang terbang mencapai 1.500 meter," imbuhnya.

JAKARTA - Bandara Adi Sutjipto Jogjakarta, Rabu (10/3) petang, sempat harus ditutup sementara oleh PT Angkasa Pura I sebagai pengelola bandara, karena

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News