Tergerus, Impor Teh Diatur

Tergerus, Impor Teh Diatur
Tergerus, Impor Teh Diatur
JAKARTA - Pemerintah bakal mengeluarkan kebijakan pembedaan skema impor agar industri teh dalam negeri tidak tergerus. Paling tidak, untuk bahan baku atau bahan penolong produk teh, pemerintah akan memberikan kemudahan. Sementara, khusus produk olahan teh kemungkinan bakal dikenakan tambahan bea masuk (BM). Demikian yang diutarakan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi kepada wartawan selepas acara Lelang Teh BUMN belum lama ini.

”Sebagai pemain besar produsen teh dunia, Indonesia malah terus meningkatkan impor teh sejak 2010. Paling tidak impor telah mencapai 20 ribu ton per tahun. Kementerian Perdagangan (Kemendag) mensinyalir kondisi ini terjadi lantaran permintaan teh berkualitas di dalam negeri meningkat,” ujarnya.

”Importasi yang lebih ke bahan baku dan produk setengah jadi akan lebih mudah dibanding impor produk akhir, sehingga impor produk akhir tidak bersaing dengan produk dalam negeri secara tidak sehat,” ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, BM untuk semua jenis produk impor teh ditetapkan sebesar lima persen. Pihaknya ingin ada pembedaan kebijakan terhadap bahan baku dengan produk jadi karena dalam industri teh, mustahil daun teh lokal menjadi satu-satunya bahan baku. Contohnya teh celup. Sebagai salah satu olahan teh premium, produk itu hampir pasti memakai tambahan teh dari luar negeri.

JAKARTA - Pemerintah bakal mengeluarkan kebijakan pembedaan skema impor agar industri teh dalam negeri tidak tergerus. Paling tidak, untuk bahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News