Terima Duit Haram dari Saudi, Eks Presiden Sudan Resmi Didakwa Korupsi

Terima Duit Haram dari Saudi, Eks Presiden Sudan Resmi Didakwa Korupsi
Presiden Sudan Omar al Bashir. Foto: Al Jazeera

jpnn.com, KHARTOUM - Mantan Presiden Sudan Omar al-Bashir resmi didakwa dengan tuduhan kepemilikan mata uang asing ilegal dan korupsi. Dakwaan dibacakan pada persidangan di Khartoum, Sabtu (31/8).

Hakim menolak permintaan jaminan dan mengatakan keputusan soal durasi penahanan Bashir akan ditentukan pada persidangan 7 September.

BACA JUGA: Mantan Presiden Sudan Akui Terima Duit Haram dari Arab Saudi

Pengacara Bashir menuturkan bahwa kliennya membantah semua tuduhan. Pihaknya akan menghadirkan saksi mata untuk pembelaan pada sidang berikutnya.

Sebelumnya, Bashir mengaku menerima uang USD 25 juta dolar dari Putra Mahkota Mohammed bin Salman serta beberapa aliran dana lainnya. Namun, dia mengklaim uang tersebut tak digunakan untuk kepentingan pribadi.

Pada Mei lalu, Bashir juga didakwa dengan penghasutan dan terlibat pembunuhan pengunjuk rasa. Ia didakwa oleh Mahkamah Pidana Internasional di Den H?????aag dengan tuduhan menjadi dalang genosida di wilayah Darfur, Sudan. (ant/dil/jpnn)


Mantan Presiden Sudan Omar al-Bashir resmi didakwa dengan tuduhan kepemilikan mata uang asing ilegal dan korupsi. Dakwaan dibacakan pada persidangan di Khartoum, Sabtu (31/8).


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News