Terima Gelar Kehormatan dari Tokoh Betawi, Begini Reaksi Anies Baswedan

Terima Gelar Kehormatan dari Tokoh Betawi, Begini Reaksi Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menerima gelar kehormatan tokoh betawi di Balai Kota DKI Jakarta, Minggu (31/10). Foto: PPID DKI Jakarta

jpnn.com, JAKARTA - Pengurus majelis adat Badan Musyawarah (BAMUS) Betawi memberikan gelar kehormatan Tokoh Betawi kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Adapun pemberian gelar itu digelar dalam rangkaian kegiatan silaturahmi dan pelantikan antarwaktu pengurus majelis adat BAMUS Betawi periode 2021-2023 yang bertempat di Balai Kota  DKI Jakarta, Minggu (31/10).

Anies pun mengapresiasi BAMUS Betawi yang memberikan gelar tersebut kepada dirinya.

"Kami pandang ini (gelar kehormatan) sebagai sebuah amanat yang harus kita (Anies) jaga sebaik-baiknya," kata Anies Baswedan dalam keterangan tertulis.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga mengapresiasi masyarakat Betawi karena telah menciptakan ekosistem bagi masyarakat dari seluruh Indonesia untuk bersatu.

"Di sini (Jakarta) ada tuan rumah yang menjadi simpul persatuan dan itu adalah masyarakat Betawi. Masyarakat Betawi menciptakan ekosistem bagi seluruh anak bangsa untuk bersatu, masyarakat Betawi adalah fasilitator yang berkontribusi amat besar untuk Indonesia. Karena itu simpul ini harus terus dijaga," ujar Anies.

Adapun gelar kehormatan Tokoh Betawi merupakan bentuk penghormatan kepada para tokoh yang telah berjasa bagi kemajuan masyarakat hukum adat Betawi dan peradaban Kota Jakarta.

Hal itu sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2015 mengenai kedudukan Badan Musyawarah (Bamus) Betawi.

Pengurus majelis adat Badan Musyawarah (BAMUS) Betawi memberikan gelar kehormatan Tokoh Betawi kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News