Terima Kasih untuk Tenaga Medis yang Masih Bertahan di Wamena

Terima Kasih untuk Tenaga Medis yang Masih Bertahan di Wamena
Evakuasi korban aksi demo di Wamena ke Jayapura dengan pesawat milik Polri. Foto : Dok.Humas Polda Papua/Antara

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek mengatakan Kementerian Kesehatan tidak memaksa tenaga medis di WamenaPapua untuk bertahan jika mereka butuh dipulangkan.

Ini disampaikan menkes menyusul adanya kerusuhan di Wamena dengan jumlah korban dan pengungsi yang tidak sedikit.

"Tentu kalau dia merasa tidak aman, kalau dia trauma dan memerlukan pengobatan, jika dia ingin kembali, kami tidak paksa," katanya dalam konferensi pers di Kementerian Kesehatan di Jakarta.

Namun demikian, Kemkes tidak menganjurkan mereka untuk pulang di tengah konflik yang terjadi di daerah tersebut.

Menkes Nila Moeloek mengatakan bahwa Kemkes selalu memiliki cadangan tenaga medis sehingga tidak sampai terjadi kekosongan dalam pelayanan medis.

"Jadi begitu satu pergi, lainnya masuk. Jadi yang penting enggak ada kekosongan," tuturnya.

 Meski Kemkes tidak memaksa mereka untuk bertahan, kata dia, para tenaga medis yang sudah berada di daerah itu, memilih tetap bertahan di Wamena guna memberikan bantuan bagi para korban kerusuhan Wamena.

"Kami sangat berterima kasih karena ternyata mereka tetap tinggal di Wamena. Jadi masih banyak dari mereka yang terdiri dari dokter spesialis maupun dokter umum atau perawat, bidan, mereka masih 'stay' di Wamena," katanya.

Menteri Kesehatan Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek tidak ingin memaksa tenaga medis untuk tetap bertahan di tengah kerusuhan di Wamena Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News