Terima Kunjungan Lena Maryana, Menaker Ida: Ada Banyak Kesempatan Kerja di Kuwait

Terima Kunjungan Lena Maryana, Menaker Ida: Ada Banyak Kesempatan Kerja di Kuwait
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menerima kunjungan kehormatan Dubes RI untuk Kuwait, Lena Maryana, di Kantor Kemnaker. Foto: dok Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menerima kunjungan kehormatan Dubes RI untuk Kuwait, Lena Maryana, di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Senin (3/7).

Dalam pertemuan itu, Menaker Ida membahas seputar perluasan kesempatan kerja di Kuwait.

"Ada banyak kesempatan kerja di Kuwait yang tengah kami jajaki, baik itu di sektor kesehatan maupun sektor lainnya. Tentu ini kesempatan bagi kami untuk dapat mengisi kebutuhan sektor-sektor tersebut," kata Ida Fauziyah dalam siaran persnya, Senin.

Dia mengatakan, Pemerintah Kuwait telah menyampaikan keinginannya untuk merekrut tenaga kesehatan asal Indonesia untuk ditempatkan di Rumah Sakit mereka.

Rencananya, penempatan tenaga kesehatan ini akan dilakukan melalui skema G to G (Goverment to Goverment). Adapun draft Technical Arrangement (TA) skema penempatan masih dalam pembahasan kementerian/lembaga.

"Setelah TA skema penempatan selesai, diharapkan Pemerintah Kuwait dapat mempelajari dan mencermatinya, sehingga pada saat perundingan akan berjalan dengan baik dan diharapkan kerja sama penempatan dapat selesai secepatnya," katanya.

Selain itu, Kuwait juga membuka peluang kerja lainnya di sektor swasta seperti sektor perminyakan, industri manufaktur (Technician, Engineer dan Programmer), sektor hospitality (waiter, chef, receptionist, housekeeping, bellboy, reservation), dan sektor transportasi ( pilot, supir bis).

Dia menambahkan, Pemerintah Kuwait juga menyatakan keinginannya untuk menjajaki kerja sama penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sektor domestik melalui Sistem Penempatan Satu Kanal (SPSK), setelah pilot project SPSK Indonesia dengan Arab Saudi dinyatakan berhasil.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menerima kunjungan kehormatan Dubes RI untuk Kuwait, Lena Maryana, di Kantor Kemnaker.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News