Terima Kunjungan Mentan, Kapolri: Dengan Swasembada Beras, Kita Bisa Ekspor

Terima Kunjungan Mentan, Kapolri: Dengan Swasembada Beras, Kita Bisa Ekspor
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo bertemu dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Mabes Polri, Jakarta, Senin (17-5-2021). ANTARA/HO-Divisi Humas Polri

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerima kunjungan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) di ruang rapat Kapolri, Mabes Polri, Jakarta, Senin (17/5).

Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan SYL membahas berbagai persoalan salah satunya terkait penguatan sektor pertanian dari hulu hingga hilir.

Listyo menyatakan bahwa swasembada beras merupakan cita-cita bangsa Indonesia. Selain untuk mencukupi kebutuhan rakyat, kata dia, swasembada beras juga membuat Indonesia menjadi lumbung pangan dunia, atau pengekspor bagi negara yang membutuhkan.

Oleh karena itu, mantan kepala Bareskrim Polri ini menyatakan bahwa Polri siap mem-backup berapa pun jumlah panen padi dari para petani.

"Dengan swasembada beras, kita bisa melakukan ekspor," tegas Jenderal Listyo Sigit.

Dia menambahkan di sektor hulu, Polri siap mengawasi distribusi pupuk bersubsidi agar tepat sasaran kepada petani yang membutuhkan.

Untuk mengawasi distribusi pupuk bersubsidi itu, Jenderal Listyo Sigit meminta dukungan SYL berupa data distribusi guna menelusuri apabila terjadi permasalahan di lapangan.

"Agar diberikan petanya sehingga Polri tahu distribusi pupuk di mana saja," katanya.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa swasembada beras merupakan cita-cita bangsa Indonesia. Dengan swasembada beras, maka Indonesia bisa menjadi pengekspor ke negara-negara yang membutuhkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News