Senin, 24 September 2018 – 11:04 WIB

Terlalu Banyak Teknologi, Anak Jadi Sulit Menggunakan Pensil

Jumat, 11 Mei 2018 – 06:17 WIB
Terlalu Banyak Teknologi, Anak Jadi Sulit Menggunakan Pensil - JPNN.COM

jpnn.com - ANAK-anak kini mengalami kesulitan memegang pensil dengan benar karena terlalu banyak terpapar teknologi.

Penelitian yang dilakukan oleh Heart of England Foundation NHS Trust menemukan bahwa terlalu banyak penggunaan ponsel dan tablet touchscreen mencegah otot jari anak-anak berkembang sehingga mereka tidak bisa memegang pensil dengan benar.

"Anak-anak kini bersekolah dengan tidak memiliki kekuatan dan ketangkasan tangan yang mereka miliki 10 tahun yang lalu," kata kepala terapis okupasi pediatrik di Heart of England Foundation NHS Trust, Sally Payne, seperti dilansir laman Fox News.

Payne menambahkan teknologi mencegah anak mengembangkan keterampilan untuk mencengkeram dan memindahkan pensil yang mereka dapatkan dengan permainan tradisional.

"Lebih mudah memberi anak iPad daripada mendorong mereka untuk melakukan permainan membangun otot seperti membuat blok, memotong dan menempel atau menarik mainan dan tali," tutur Payne. 

"Karena ini, mereka tidak mengembangkan fondasi yang mendasari keterampilan yang mereka butuhkan untuk mencengkeram dan memegang pensil," tambah Payne. 

The Guardian melaporkan kasus seorang anak laki-laki berusia 6 tahun, Patrick, yang menerima terapi pekerjaan khusus untuk membantunya memperkuat jari telunjuknya sehingga dia bisa memegang pensil dengan pegangan yang benar.

"Kalau dipikir-pikir lagi, saya melihat bahwa saya memberi Patrick teknologi untuk diajak bermain, dengan mengesampingkan virtual mainan tradisional. Ketika sampai di sekolah, mereka menghubungi saya dengan keprihatinan mereka, dia mencengkeram pensilnya seperti orang gua yang memegang tongkat. Dia tidak bisa menahannya dengan cara lain dan karenanya, tidak bisa belajar menulis karena dia tidak bisa memindahkan pensil dengan akurasi apapun," kata sang Ibu, Laura. 

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar