Dapat Surat dari Pelajar, ini Jawaban Gus Ipul

Dapat Surat dari Pelajar, ini Jawaban Gus Ipul
Gerakan #ayomenulis di Gresik. FOTO : jpnn

jpnn.com, GRESIK - Lebih dari 1.500 anak dari 47 Sekolah Dasar di Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Gresik mengikuti kegiatan literasi bertajuk #ayomenulis. Mereka diajak untuk menulis surat yang ditujukan kepada pemimpin negeri. Mulai dari Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Soekarwo serta Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

Beragam isi surat mereka tulis. Seperti yang dilakukan oleh Mohammad Asrul Iskandar siswa kelas VI SDN I Teluk Jati Dawang menulis surat untuk Gus Ipul, “Gus, di Pulau Bawean ini banyak pariwisatanya, jadi banyak turis. Kapan Gus Ipul datang ke Bawean?”

Atau surat yang ditulis Ahmad Fajar yang ditujukan untuk Presiden Joko Widodo. Siswa kelas VI SDN 4 Tambak itu mengaku bangga pada semangat Presiden Jokowi memimpin Indonesia dan mensejahterakan masyarakat.

“Seperti kata bung Karno, berikan saya 1000 Pemuda maka saya akan mengubah dunia. Saya harap perkataan bung Karno bisa terwujud dengan semangat bapak membangun daerah,” tulis Ahmad Fajar dalam suratnya. “Pak, saya kalau sudah besar saya ingin menjadi pemain TIMNAS U19, saya ingin sepatu bola dan bola futsal.” Tutup Ahmad.

Menurut Nury Sybli, pegiat literasi yang mengawal kegiatan ini, ajang #ayomenulis surat untuk pemimpin negeri diharapkan mampu menjadi pengalaman yang bernilai dan menjadi tradisi bagi anak-anak dalam menulis dengan tangan. ”Menulis selain mengasah kinerja otak juga dapat membantu anak-anak menjadi kreatif. Kami mengandalkan guru dan orang tua untuk dapat membantu melestarikan menulis dengan tangan,” tegasnya.

Sementara itu, Gus Ipul yang mendapat surat langsung membalas akan dengan mengatakan akan segera berkunjung ke Bawean. Pria humoris itu sekaligus juga merasa terpanggil dengan ajakan gerakan literasi di Pulau Bawean ini. Dia berjanji akan mendukung penuh kegiatan gerakan #ayomenulis yang diikuti ribuan anak sekolah dasar.

“Saya ingin anak-anak di Pulau Bawean bisa memberi contoh pada anak-anak di pesisir lainnya bahkan anak perkotaan, bahwa anak pulau juga bisa berprestasi dan anak Bawean juga belajarnya giat,” kata Gus Ipul.

Shara Christanti dari PT Standardpen Industries selaku penggagas acara mengaku senang dengan antusias anak-anak Pulau Bawean yang ingin belajar menulis. “Selaku perusahaan alat tulis yang memiliki program Satu Juta Bolpoin untuk Anak Indonesia, kami dengan bahagia akan mengantarkan bolpoin ini kemanapun anak Indonesia butuhkan,” kata Shara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News