Terlalu Lama Mengidap Sariawan Bisa Jadi Gejala Kanker Mulut

Terlalu Lama Mengidap Sariawan Bisa Jadi Gejala Kanker Mulut
Ilustrasi logo wanita. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - JANGAN anggap remeh jika Anda mengidap sariawan terlalu lama, misalnya lebih dari satu bulan karena bisa jadi ini tanda gejala kanker mulut.

" Secara umum Anda harus bisa membedakan sariawan biasa dengan kanker, yaitu waktu penyembuhan sariawan, tingkat sariawan, lokasi, meraba sekitar luka sariawan," kata dokter spesialis penyakit mulut di RS Mitra Keluarga, Bintaro, Rusmawati dalam siaran persnya, Sabtu.

" Serta melihat perubahan warna, adakah bercak putih dan merah di rongga mulut," jelas Rusmawati.

Menurut dia, selain sariawan lebih dari sebulan, gejala kanker mulut juga ditandai adanya rasa sakit di rongga mulut yang tidak sembuh, pembengkakan pada dagu akibat kelenjar limfa submandibular membengkak.

Tanda lainnya, rasa ganjal di tenggorokan yang tidak hilang, kesulitan mengunyah dan menelan, gigi goyang atau tanggal di sekitar tumor, muncul benjolan pada leher, penurunan berat badan dan bau mulut.

Laman Mayo Clinic mencatat, kanker mulut terbentuk ketika sel-sel di bibir atau di mulut mengalami perubahan (mutasi) pada DNA.

Sel kanker mulut abnormal yang terkumpul bisa membentuk tumor dan seiring waktu, menyebar ke dalam mulut dan ke area lain di kepala dan leher atau bagian tubuh lainnya.

Ada sederet faktor yang bisa meningkatkan risiko orang terkena kanker mulut, meliputi kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, bibir terpapar sinar matahari yang berlebihan.

Jangan anggap remeh jika Anda mengalami sariawan lebih dari sebulan karena bisa jadi gejala kanker mulut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News