Bibir Kering Bisa Sebabkan Sariawan

Bibir Kering Bisa Sebabkan Sariawan
Ilustrasi bibir kering. Foto: Shefinds

jpnn.com - Jika Anda memiliki jenis kulit kering, salah satu satu kondisi yang sering mengalaminya adalah bibir kering. Namun Anda mungkin kurang menyadari bahwa ternyata bibir kering bisa memicu sariawan.

Bibir kering biasanya akan membuat lapisan kulit permukaan bibir terkelupas dan meninggalkan celah atau retak, bahkan terkadang disertai keluarnya darah. Hal ini tentu akan mengganggu penampilan dan juga kenyamanan. Untuk itu ketahui penyebab dan kiat untuk mencegahnya.

Penyebab bibir kering
Tidak seperti bagian kulit lainnya, bibir tidak mengandung kelenjar minyak. Bibir hanya ditutupi oleh lapisan tipis yang memiliki kapasitas kelembapan yang rendah.

Oleh karena itu, bibir sangat rentan terhadap efek lingkungan. Kurangnya kelembapan dapat menyebabkan kondisi menjadi lebih buruk, terutama jika Anda tidak merawatnya.

Beberapa faktor seperti paparan sinar matahari, udara kering atau cuaca dingin akan menyebabkan kondisi kulit bibir menjadi sensitif. Akibatnya, bibir jadi lebih mudah kering, terutama bila terkena pendingin ruangan.

Selain itu, jika Anda sering membasahi bibir dengan air liur, sebaiknya harus segera dihilangkan. Sebab kebiasaan tersebut bisa jadi penyebab lain keringnya bibir.

Air liur pada lidah akan mengurangi kelembapan pada bibir yang membuat bibir menjadi lebih kering. Efek yang sama juga dapat terjadi pada orang yang suka menggigit bibir.

Selain itu mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat kemoterapi juga akan meningkatkan risiko bibir kering. Anda yang mengalami dehidrasi atau kekurangan nutrisi juga cenderung mengalami bibir kering.

Kondisi bibir kering bisa memicu sariawan memang jarang disadari. Beberapa cara yang dipaparkan di atas bisa Anda lakukan untuk mencegah bibir kering sehingga tidak mengakibatkan sariawan. Jika cara-cara di atas sudah diterapkan tetapi tidak mengalami per

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News