Terluka, Pemimpin Umur 70 Tahun Mati Diikuti 3 Anggota Setia

Terluka, Pemimpin Umur 70 Tahun Mati Diikuti 3 Anggota Setia
Empat dari 5 ekor paus yang terdampar di Pantai Ujong Kareung, akhirnya mati, Selasa (14/11). Foto: Hendri/Rakyat Aceh

jpnn.com, BANDA ACEH - Pemimpin kawanan paus yang diperkirakan berumur 70 tahun, mati karena terdampar di pantai Ujong Kareung, Ujong Bate, Aceh Besar.

Paus jenis kepala kotak itu mati bersama tiga anggotanya. Sementara, lima lainnya yag juga terdampar sempat diselamatkan petugas dan nelayan setempat.

Ahli dari Animal Aid Network (JAAN) Jakarta, Kemang Raja menyimpulkan sementara paus terdampar akibat pimpinannya terluka.

Gempa dengan kekuatan 3 SR yang terjadi di laut Aceh menyebabkan paus terluka, hingga anggota kawanan mengikutinya.

“Dugaan awal karena ada gempa di bawah laut dengan kekuatan 3 SR. Kita tidak tahu jalur digunakan paus. Tapi navigasi paus hingga 100 mil, itu dugaan kita, karena ada luka pada pimpinan mereka.Ini pemimpin mereka yang mati,” kata Kemang Raja, Selasa (14/11).

Tim yang didatangkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh tersebut juga menyimpulkan paus yang mati tiga jantan dan satu betina. Pimpinan paus diperkirakan telah berusia 70 tahun sementara lainnya berusia di atas 50 tahun.

“Dari bentuk gigi diperkirakan 70 tahun lebih pemimpinnya, itu dari tim dokter. Sementara yang pasti di atas 50 tahun," ujarnya.

Pihaknya akan mengambil sampel pada pemimpinya untuk dilakukan tes DNA. Setelah organ dalam seekor paus diambil sampel baru akan dikuburkan.

Dari bentuk gigi diperkirakan 70 tahun lebih umur pimpinan itu. Itu hasil pemeriksaan dari tim dokter. Tiga lainnya juga mati.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News