9 Paus Terdampar ke Pantai karena Setia Kawan

9 Paus Terdampar ke Pantai karena Setia Kawan
Beberapa warga mendorong ikan paus jenis kepala kotak yang terdampar di Pantai Ujong Kareung, Desa Durung Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Senin (13/11), kembali ke lautan lepas. Foto: ZULKARNAINI/RAKYAT ACEH/JPNN.com

jpnn.com, BANDA ACEH - Warga Ujong Bate, Aceh Besar, dihebohkan dengan adanya sembilan ekor paus yang terdampar di pantai, kemarin sekitar pukul 10.00 WIB.

Basri, seorang nelayan setempat, warga yang pertama melihat paus jenis kepala kotak (physeter macrocephalus) tersebut langsung melapor ke Basarnas Aceh.

Ia juga mengabarkan pada warga agar ikut membantu paus kembali ke laut. “Saya lihat ikan itu mengampung, pagi tadi, tidak ingat lagi jam berapa, langsung saya telepon pihak Basarnas,” katanya, seperti diberitakan Rakyat Aceh (Jawa Pos Group).

Mendapat kabar ada paus terdampar, ratusan warga memadati pantai melihat langsung peristiwa langka tersebut. Selain mengabadikan proses penyelamatan, sebagai warga turut membantu mengevakuasi paus.

Hingga tadi malam belum diketahui pasti penyebab terdamparnya paus. Warga dan relawan hingga jelang malam terus berupaya menyelamatkan paus dengan menarik menggunakan boat kecil.

Kepala Bidang Perairan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Nurmahdi mengatakan terdamparnya paus tersebut diduga ada anggotanya yang sakit.

“Ini jenis ikan yang pergi secara berkelompok dan juga merupakan ikan yang setia, makanya terdampar dengan jumlah banyak,” kata Nurmahdi.

Selain itu, kasus terdamparnya paus jenis ini di provinsi Aceh sudah kedua kalinya. Sebelumnya kasus yang sama juga pernah terjadi pada akhir tahun 2016.

Ini jenis ikan paus yang pergi secara berkelompok dan juga merupakan ikan yang setia kawan, makanya terdampar dengan jumlah banyak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News