Terminal Baru Bandara Syukuran Aminuddin Siap Diresmikan

Terminal Baru Bandara Syukuran Aminuddin Siap Diresmikan
Bandara Syukuran Aminuddin, Sulawesi Tengah. Foto dok humas DJPU

jpnn.com, SULAWESI TENGAH - Pembangunan terminal baru Bandara Syukuran Aminuddin Amir, Bubung, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah kini telah rampung.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B. Pramesti berharap perluasan terminal Bandara Luwuk meningkatkan jumlah penumpang.

“Adanya terminal baru tersebut akan membuat penerbangan ke Luwuk semakin ramai, sehingga berdampak pada peningkatan perekonomian daerah setempat," ujar Polana.

Banggai adalah kabupaten di ujung timur Sulawesi Tengah yang menawarkan beragam keindahan alam nan eksotis khas Sulawesi. Sebagai ibu kotanya, kota Luwuk adalah urat nadi Kabupaten Banggai.

"Ditjen Hubud akan mendorong berbagai upaya dan bahu membahu bersama Pemda dan Pemprov, untuk bersama sama meningkatkan daya tarik pesona Luwuk, yang didukung oleh pelayanan angkutan udara yang baik, melalui Bandara Syukuran Aminuddin Amir", pungkas Polana.

Bandara Luwuk sebenarnya berdiri sejak 1972, pada masa awal, bandara ini memiliki landasan 850 m x 30 m dan apron 50 m x 40 m serta fasilitas komunikasi yang tergolong sederhana. Pada 2008, nama bandara ini berganti menjadi Bandara Syukuran Aminuddin Amir.

Sejak itu secara bertahap bandara mulai dikembangkan, kapasitas landasan pacu juga ditambah menjadi 2.250 m x 45 m, apron 315 m x 85 m, taxiway 60 m x 18 m sehingga mampu didarati pesawat sejenis Boeing 737.

Beberapa maskapai penerbangan yang beroperasi di bandara ini di antaranya Express Air tujuan Manado dan Palu; Sriwijaya Air tujuan Makassar, Jakarta, dan Surabaya; Wings Air tujuan Manado, Palu, dan Makassar; Garuda Indonesia tujuan Makassar, Jakarta, dan Surabaya; serta Lion Air tujuan Makassar.

Perluasan terminal Bandara Luwuk, Sulawesi Tengah diharapkan bisa meningkatkan jumlah penumpang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News