Ternyata 84 Persen Pemilih Tak Tertarik Caleg Artis

Ternyata 84 Persen Pemilih Tak Tertarik Caleg Artis
Krisdayanti bersama sejumlah artis saat mengikuti Pelatihan Singkat Caleg Artis Nusantara di DPP PDIP, Senin (30/7). Foto: DPP PDIP for JPNN

jpnn.com, SURABAYA - Resep parpol untuk menarik simpati pemilih dengan merekrut caleg artis tampaknya, patut dipertanyakan di Kota Surabaya.

Sebab, berdasar hasil survei Departemen Statistika ITS-Jawa Pos, 84 persen pemilih justru tak mau mencoblos kalangan selebritas.

Salah satu pertanyaan yang disampaikan ke 300 responden adalah apakah mereka tertarik memilih caleg selebriti? Sebanyak 84 persen menyatakan tidak tertarik, sedangkan 16 persen sisanya mengaku tertarik.

Partai Nasional Demokrat (Nasdem) memiliki banyak caleg artis. Ada 40 artis yang nyaleg di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Yang bertarung di daerah pemilihan Surabaya hanya satu orang. Yakni, Manohara Odelia Pinot yang nyaleg dari dapil Jatim 1 (Surabaya).

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Nasdem Effendy Choirie atau sering disapa Gus Choi menganggap hasil survei tersebut merupakan hal yang wajar.

Sebab, mayoritas pemilih tidak memandang para selebritas sebagai bagian dari politik. Selebritas dikenal sebagai penyanyi, pemain film, ataupun presenter.

"Rakyat tahunya itu. Padahal, yang kami rekrut hebat-hebat," jelas pria kelahiran Gresik, 17 Juni 1963, tersebut Menurut Gus Choi, modal popularitas saja tidak cukup.

Mayoritas pemilih di Pemilu 2019 tidak memandang para caleg artis sebagai bagian dari politik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News