Ternyata Begini Cara Begal Senior Merekrut Begal Muda

Ternyata Begini Cara Begal Senior Merekrut Begal Muda
Ilustrasi. FOTO: dok

SURABAYA - Langkah Tim Cobra Polda Jatim yang menembak mati Yanuar Aditio alias Tio bisa mengurangi bertambahnya pertumbuhan begal di Jatim. Sebab, residivis yang ditembak mati Rabu (11/3) itu dikenal sebagai perekrut begal muda. Caranya, dia mengajak berpesta miras dan berlanjut dengan beraksi.

Hal itu diketahui tim khusus pemburu bandit bentukan Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim AKBP Hanny Hidayat. Mereka telah menguntit pelaku cukup lama. ''Petugas mengawasi pelaku sejak keluar dari penjara,'' kata Hanny.

Dia menyatakan, Tim Cobra memiliki data pelaku kejahatan jalanan yang sudah ditangkap. Petugas juga memiliki catatan hukuman yang dijatuhkan sehingga bisa memprediksi kapan bebas dari penjara. Data itu digunakan untuk memantau pergerakan pelaku kejahatan yang sudah dihukum, termasuk Tio.

Tim yang berisi polisi dengan sejumlah keahlian itu mengawasinya sejak keluar dari penjara dua bulan lalu. Petugas memantau kesehariannya, baik di rumah maupun di luar rumah. Dari sanalah petugas mengetahui bahwa hukuman penjara tidak membuat pelaku jera.

SURABAYA - Langkah Tim Cobra Polda Jatim yang menembak mati Yanuar Aditio alias Tio bisa mengurangi bertambahnya pertumbuhan begal di Jatim. Sebab,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News