Ternyata, Bung Karno Tak Sungkan Pinjam Uang ke Pengawalnya untuk Beli Rokok

Rabu, 16 Juni 2021 – 23:59 WIB
Ternyata, Bung Karno Tak Sungkan Pinjam Uang ke Pengawalnya untuk Beli Rokok - JPNN.com
Seniman Patung Dunadi meresmikan hasil karyanya, Monumen Bung Karno di Lemhannas RI, Jakarta Pusat, Kamis (20/5). Fathan

jpnn.com, JAKARTA - Sejarawan Bonnie Triyana mengulas soal pola kepemimpinan Proklamator RI Bung Karno yang sangat tegas, spontan, dan memanusiakan manusia. Bung Karno bahkan tak ragu meminjam uang dari pengawalnya untuk beli rokok.

Menurut Bonnie, jika ditelisik lebih jauh, pola kepemimpinan politik di Indonesia memiliki dua kategori. Pertama adalah pemimpin berjiwa administrator laksana seorang manajer dan kedua pemimpin berkarakter solidarity maker.

Tipe solidarity maker merupakan pemimpin yang mempunyai sikap, pembawaan, dan kemampuan untuk menggalang solidaritas orang-orang dari berbagai macam latar belakang untuk mencapai satu tujuan.

“Nah, mendiang Herbert Faith, Indonesianis dan profesor ilmu politik asal Australia mengategorikan Bung Karno sebagai sosok pemimpin berjenis solidarity maker,” kata Bonnie pada ‘Talkshow dan Musik Bung Karno Series’ yang ditayangkan Badan Kebudayaan Nasional Pusat (BKNP) PDI Perjuangan pada Jumat (16/6).

Penulis buku itu menjelaskan, sosok kharismatik dan kecerdasan yang melekat dengan Bung Besar dapat mempengaruhi orang banyak. Terbukti dengan begitu banyak pengikutnya serta juga beliau sangat disegani oleh kawan maupun lawan.

"Dari bukti-bukti itu dapat disimpulkan bahwa Bung Karno merupakan pemimpin yang berkarakter penggalang solidaritas,” papar Bonnie.

Pimpinan Redaksi Majalah Historia itu menjelaskan, dengan kemampuan dan kecerdasan yang multidimensi, Bung Karno dalam kepemimpinannya kerap kali menggunakan cara yang spontanitas dan autentik.

Contoh kecil dari aksi unik itu dilakukan Bung Karno, suatu kali waktu berkunjung ke Italia, saat iring-iringan mobil tamu negara kepresidenan yang membawa Putra Sang Fajar itu tiba-tiba menepi mendadak ke sebuah restoran.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...