Ternyata, Lebah pun Bisa Berhitung

Ternyata, Lebah pun Bisa Berhitung
Ternyata, Lebah pun Bisa Berhitung
LONDON – Tidak hanya pintar menghasilkan madu, lebah ternyata juga pandai berhitung. Ini hasil riset sejumlah ilmuwan Australia terhadap serangga kecil yang suka hinggap di atas bunga-bunga untuk menghisap madu tersebut. Para peneliti juga menguji kemampuan berhitung serangga lain.

   

Temuan baru yang dipublikasikan The Telegraph kemarin (28/1) itu meruntuhkan teori tentang kemampuan berhitung hewan. Dulu, para pakar meyakini bahwa berhitung merupakan kemampuan ekslusif hewan bertulang belakang. Tapi, hasil riset para ilmuwan Australia itu menyuguhkan bukti lain. Hewan tak bertulang belakang pun mampu berhitung.

   

”Kami tidak pernah membayangkan sebelumnya bahwa serangga pun mempunyai kemampuan itu,” ujar Dr Shaowu Zhang, kepala investigasi ARC Centre of Excellence, Vision Science, Australia. Bertolak dari hasil riset itu, dia dan ilmuwan yang lain menduga bahwa serangga pun punya kemampuan yang sama dengan hewan lain dan manusia.

   

Tapi, kemampuan berhitung lebah madu, tidak sama dengan manusia. Serangga menguntungkan itu pun tidak bisa secara harafiah berhitung. Mereka hanya mampu mengenali dan mengingat jumlah titik yang dilihat. Mulai dari satu hingga empat titik. Mereka juga bisa membedakan pola titik yang disuguhkan para ilmuwan sebagai indikasi angka-angka yang tidak sama.

   

LONDON – Tidak hanya pintar menghasilkan madu, lebah ternyata juga pandai berhitung. Ini hasil riset sejumlah ilmuwan Australia terhadap serangga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News