JPNN.com

Ternyata, Lidah Juga Bisa Menentukan Apakah Jantung Anda Sehat atau Tidak

Sabtu, 11 Juli 2020 – 02:41 WIB
Ternyata, Lidah Juga Bisa Menentukan Apakah Jantung Anda Sehat atau Tidak - JPNN.com
Lidah - Ilustrasi. Foto: Pixabay.com

jpnn.com, JAKARTA - Banyak orang tentunya telah mengetahui cara untuk menjaga kesehatan jantung seiring bertambahnya usia, mulai dari makan dengan benar, berolahraga hingga cukup tidur.

Tetapi Anda mungkin tidak tahu bahwa ada satu bagian tubuh yang bisa menentukan apakah jantung Anda sehat atau tidak.

Menurut penelitian baru-baru ini, lidah orang dengan gagal jantung terlihat sangat berbeda dari lidah orang yang jantungnya bekerja dengan baik.

"Lidah orang sehat biasanya berwarna merah pucat dengan lapisan putih pucat," kata penulis utama studi, Tianhui Yuan, MD, seperti dilansir laman MSN, Kamis (9/7).

Sementara itu, penderita gagal jantung memiliki lidah yang lebih merah dengan lapisan kuning dan penampilannya berubah seiring dengan perkembangan penyakit yang mereka derita.

Itu semua berkaitan dengan bakteri yang ada di lidah. Ternyata, mikroba lidah sebenarnya bisa digunakan untuk mendiagnosis gagal jantung.

Yuan dan timnya menemukan lidah seseorang dengan kondisi jantung yang sehat dengan lidah penderita gagal jantung tidak hanya terlihat berbeda, tetapi juga memiliki mikrobiologi yang sama sekali berbeda.

"Studi kami menemukan adanya perbedaan komposisi, jumlah dan bakteri dominan dari lapisan lidah antara pasien gagal jantung dan orang sehat," pungkas Yuan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mikroba lidah bisa membantu diagnosis dan pemantauan jangka panjang bagi pasien gagal jantung.(fny/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fri