Ternyata Rini Dibalik Terjalinnya Kerjasama Pembangunan Kereta Api Cepat dengan Tiongkok

Ternyata Rini Dibalik Terjalinnya Kerjasama Pembangunan Kereta Api Cepat dengan Tiongkok
Rini Soemarno. Foto: Dok/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono mengungkap kelihaian yang dimiliki Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

Rupanya, mantan menteri perindustrian itu dikenal punya kedekatan dengan Tiongkok di lingkungan Istana. Jadi bukan perkara sulit bagi Rini untuk melobi kerjasama dengan pihak Tiongkok.

‎"Tiongkok itu (punya kedekatan dengan) siapa, bu menteri BUMN, karena dalam kabinet itu dibagi negara ini siapa, negara ini siapa. Jadi untuk Tiongkok itu ke bu menteri (Rini Soemarno)," ungkap Basuki di kantornya, Jakarta, Selasa (13/10).

Seperti diketahui, Menteri BUMN Rini Soemarno telah memutuskan untuk menindaklanjuti kerjasama business to business antara perusahaan BUMN dengan Tiongkok mengenai proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Keputusan itu dilakukan setelah proposal kereta cepat milik Jepang, gugur. Alasannya, Jepang tetap mengajukan adanya jaminan proyek dari pemerintah melalui dana APBN. (chi/jpnn)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono mengungkap kelihaian yang dimiliki Menteri Badan Usaha Milik Negara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News